STMIK AMIKOM YOGYAKARTA
PRIVATE ENTREPRENEURIAL MODEL UNIVERSITY BY:UNESCO
E-learning Amikom Research Amikom PMB Amikom Kabar IT

Friday, February 22, 2013

Tahun 2013, Tahunnya Gadget Tercanggih

Tahun 2012 bisa disebut sebagai tahunnya para pengembang teknologi. Pasalnya, telah banyak pemain-pemain besar di bidang gadget merilis berbagai produk-produk terbarunya, terutama di kategori tablet PC 7 inchi. Kehadiran Nexus 7, Apple Mini iPad, dan Microsoft Surface, bisa dijadikan bukti betapa ketatnya persaingan tersebut.
Kini, tahun 2012 sudah hampir berakhir. Namun sepertinya para pengembang teknologi tidak akan berhenti untuk terus-menerus menyajikan berbagai inovasi terbaru. Beberapa pengamat memprediksi bahwa tahun 2013 akan menjadi tahun pembuktian para pemain besar di ranah teknologi, mencakup gosip-gosip seputar gadget yang akan dirilis dalam waktu dekat.
Berikut ini adalah beberapa gadget yang diperkirakan akan segera dirilis pada tahun 2013 mendatang.


 
Microsoft Surface Tablet Pro
Jika dilihat secara fisik tablet ini akan sama persis dengan adiknya yang telah diluncurkan bulan Oktober lalu. Namun jangan salah, dari segi hardware, Microsoft telah mempersiapkan sebaik mungkin agar tablet ini lebih powerful ketimbang adiknya.
Surface Pro akan tersedia dalam 2 kapasitas penyimpanan, yaitu 64GB dan 128GB dan didukung dengan prosesor Core i5 dual-core dan RAM 4GB. Sedangkan untuk layar, akan mendukung resolusi hingga 1920 x 1080 piksel dengan lebar layar sebesar 10.6 inchi.
Estimasi Harga : 8-12 Juta Rupiah
Estimasi Peluncuran : Januari 2013
 
BlackBerry 10
Januari tahun 2013 akan menjadi pembuktian bagi RIM. Setelah mengalami berbagai kesulitan di hampir sepanjang tahun 2012, produsen smartphone Blackberry ini akan meluncurkan perangkat andalan terbaru mereka, yaitu BlackBerry 10.Salah satu kabar yang didapatkan menyebutkan kalau Blackberry 10 akan memiliki fitur LTE dan memiliki resolusi layar 1280 x 768 piksel.
Beberapa pengamat mengatakan bahwa BlackBerry 10 terlambat hadir di dunia smartphone. Mereka berpendapat bahwa RIM akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menyamai Google dan Apple. Namun bila RIM bisa memberikan sebuah inovasi terbaru, BlackBerry 10 bisa saja kembali menarik perhatian para konsumen.
Apakah Blackberry 10 mampu bersaing dengan iPhone dan Android? Kita tunggu tahun depan.
Estimasi Harga : 6-7 Juta Rupiah
Estimasi Peluncuran : Akhir Januari 2013
 
Samsung Galaxy S4
Samsung adalah salah satu produk ponsel pintar yang berhasil menarik banyak konsumen di Amerika Serikat. Hal tersebut terbukti dari tingginya peminat Galaxy S3 di Negeri Paman Sam, hingga bisa mengalahkan iPhone 4G. Namun, perjalanan sang raksasa Korea Selatan tersebut belum selesai. Tim pengembang kini tengah menyusun kembali kekuatan untuk merilis Galaxy S4 di tahun 2013.
Prosesor berkecepatan 1.7GHz, akan menjadikan Galaxy S4 sebagai smartphone dengan prosesor tercepat yang pernah ada. Selain prosesor yang handal, Samsung juga membekalinya dengan kamera beresolusi hingga 13 Megapiksel, menjadikannya sebagai smartphone premium terbaik yang ada. Selain itu rencananya Samsung Galaxy S4 juga akan hadir dengan segudang fitur-fitur multimedia lainnya.
Estimasi Harga : 8-9 Juta Rupiah
Estimasi Peluncuran : Maret 2013
 
Apple iPhone 5S
Seolah tak ingin kehilangan daya saing, Apple disebut-sebut akan segera merilis produk terbarunya di tahun 2013 mendatang. Bahkan ketika iPhone 5 belum genap 4 bulan setelah diluncurkan, Apple sudah mempersiapkan peluncuran iPhone 5S yang direncanakan akan segera diluncurkan pada bulan Juni tahun 2013.
Rencananya iPhone 5S akan hadir dengan Super HD Kamera, peningkatan pada beterai dan RAM, NFC, 128GB penyimpanan, dan kemungkinan akan hadir dalam 6 hingga 8 pilihan warna, sama seperti pada iPod Touch generasi terbaru.
Estimasi Harga : belum diketahui
Estimasi Peluncuran : Juni 2013
 
ZTE Apache
Ketika mendengar nama ZTE, pasti sebagian besar pengguna ponsel Indonesia memikirkan ponsel dengan harga murah. Tapi jangan salah, tahun dengan salah satu smartphone ZTE menjadi salah satu gadget yang paling ditunggu pengemar gadget dunia. ZTE Apache dikabarkan akan menggunakan prosesor octo-core (8 core) pertama di dunia! Selain itu, ZTE Apache juga sudah mendukung layar 1080p dan 4G.
Estimasi Harga : belum diketahui
Estimasi Peluncuran : belum diketahui

0 comments:

Post a Comment